Tips and Trick on Duckpedia, Indonesia -- Dalam dunia blogging, riset kata kunci adalah hal yang pertama dilakukan sebelum menulis sebuah artikel. Seorang blogger tentu harus mengetahui kata kunci yang akan digunakan agar artikel yang ditulis dapat tepat sasaran. Namun, menentukan kata kunci yang tepat ternyata tidak semudah yang dibayangkan, butuh ketelitian, kerja keras dan kesabaran. Namun sebenarnya ada cara dan trik khusus agar judul artikel yang kita buat bisa tepat sasaran dan menggunakan kata kunci yang populer sehingga menjadi maksimal di pencarian google. Tools tersebut adalah google trends.

Fungsi Google Trends itu sendiri sebenarnya adalah untuk melihat trending topik atau topik populer yang terjadi hari ini baik nasional maupun internasional di seluruh dunia, anda hanya perlu mengatur negara target. Selain itu google trends juga bisa dimanfaat untuk riset keyword ( Kata kunci ) untuk optimasi SEO.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan google trends untuk melakukan riset kata kunci:

Melihat Topik Populer Hari Ini!
Untuk membuka halaman google trends silahkan buka halaman Google Trends melalui pencariaan google, kemudian anda akan melihat tampilan dashboard google trends seperti di bawah ini:



Pada tampilan tersebut anda bisa melihat semua topik populer hari ini, kemarin dan kemarinnya lagi. Klik Explore In-Depth untuk melihat topik tersebut secara rinci. Anda bisa menggunakan kata kunci dari topik-topik populer hari ini atau melakukan riset kata kunci lain.



Langkah Riset Kata Kunci dengan Google Trends
Untuk melakukan riset kata kunci, silahkan buka halaman Google Trends Explore , kemudian anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:



1. Search item, kotak ini berfungsi untuk memasukkan topik atau kata kunci yang ingin kita peroleh informasi popularitasnya, pada contoh kali ini saya memasukkan kata kunci "tutorial hijab" seperti yang terlihat pada gambar diatas,kemudian tekan enter pada keyboard. Selanjutnya google trend akan menampilkan informasi pencarian terpopuler mengenai kata kunci "tutorial hijab" yang kita masukkan tadi.



2. Pilih Negara, Pada menu ini kita disuruh memilih negara mana yang akan kita target mengenai "tutorial hijab" tadi, kali ini saya mencontoh negara "indonesia"

3. Pilih Waktu, artinya disini kita disuruh untuk memilih rentan waktu dari kata kunci yang kita masukkan, apakah sejam terakhir (past hour), 4 jam terakhir (past 4 hours),sehari terakhir (past day), 7 hari terakhir (past 7 days), 30 hari terkahir (past 30 days), 90 hari terakhir ( past 90 days), atau 12 bulan terakhir (past 12 months). pada contoh diatas saya memasukkan pilihan past day ( 1 hari terakhir).

4. Pilihan kategori pencarian, maksudnya disini kita disuruh  memilih kategori untuk kata kunci yang kita masukkan, pada contoh kali ini saya memasukkan kategori "All categories".

5. Pilihan Pencarian, artinya kita diminta untuk memilih media yang digunakan untuk pencarian berdasarkan keyword ( kata kunci) yang kita masukkan tadi.

ada tiga pilhan : web search, news search, google shopping. pada contoh di atas saya memilih kategori web search.

Berikut ini adalah hasil pencarian untuk kata kunci "tutorial hijab":

A. Hasil Pencarian Berdasarkan Wilayah
Geser sedikit ke bawah maka anda akan melihat hasil tampilan wilayah yang memiliki tingkat pencarian terbanyak berdasarkan kata kunci "tutorial hijab" yang kita masukkan pada langkah 1 diatas.



B. Related Topics dan Related Queries

Geser lagi ke bawah maka anda akan melihat hasil related topics dan related queries berdasarkan pencarian kata kunci "tutorial hijab".




Releted Queries berguna untuk anda menentukan kata kunci turunan dari kata kunci tutorial hijab. Anda bisa mendapatkan ide judul lain berdasarkan related queries tersbut.

Langkah selanjutnya adalah membuat artikel berdasarkan kata kunci tersebut.


Yang menjadi kekurangan dari tools ini adalah kita tidak dapat melihat tingkat persaingan kata kunci tersebut pada hasil pencarian google. Anda bisa gunakan tool lain untuk menganalisa tingkat persaingan tersebut.

Demikian tutorial ini, semoga dapat bermanfaat.

Mencari Topik Artikel Menggunakan Google Trends

Tips and Trick on Duckpedia, Indonesia -- Dalam dunia blogging, riset kata kunci adalah hal yang pertama dilakukan sebelum menulis sebuah artikel. Seorang blogger tentu harus mengetahui kata kunci yang akan digunakan agar artikel yang ditulis dapat tepat sasaran. Namun, menentukan kata kunci yang tepat ternyata tidak semudah yang dibayangkan, butuh ketelitian, kerja keras dan kesabaran. Namun sebenarnya ada cara dan trik khusus agar judul artikel yang kita buat bisa tepat sasaran dan menggunakan kata kunci yang populer sehingga menjadi maksimal di pencarian google. Tools tersebut adalah google trends.

Fungsi Google Trends itu sendiri sebenarnya adalah untuk melihat trending topik atau topik populer yang terjadi hari ini baik nasional maupun internasional di seluruh dunia, anda hanya perlu mengatur negara target. Selain itu google trends juga bisa dimanfaat untuk riset keyword ( Kata kunci ) untuk optimasi SEO.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan google trends untuk melakukan riset kata kunci:

Melihat Topik Populer Hari Ini!
Untuk membuka halaman google trends silahkan buka halaman Google Trends melalui pencariaan google, kemudian anda akan melihat tampilan dashboard google trends seperti di bawah ini:



Pada tampilan tersebut anda bisa melihat semua topik populer hari ini, kemarin dan kemarinnya lagi. Klik Explore In-Depth untuk melihat topik tersebut secara rinci. Anda bisa menggunakan kata kunci dari topik-topik populer hari ini atau melakukan riset kata kunci lain.



Langkah Riset Kata Kunci dengan Google Trends
Untuk melakukan riset kata kunci, silahkan buka halaman Google Trends Explore , kemudian anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:



1. Search item, kotak ini berfungsi untuk memasukkan topik atau kata kunci yang ingin kita peroleh informasi popularitasnya, pada contoh kali ini saya memasukkan kata kunci "tutorial hijab" seperti yang terlihat pada gambar diatas,kemudian tekan enter pada keyboard. Selanjutnya google trend akan menampilkan informasi pencarian terpopuler mengenai kata kunci "tutorial hijab" yang kita masukkan tadi.



2. Pilih Negara, Pada menu ini kita disuruh memilih negara mana yang akan kita target mengenai "tutorial hijab" tadi, kali ini saya mencontoh negara "indonesia"

3. Pilih Waktu, artinya disini kita disuruh untuk memilih rentan waktu dari kata kunci yang kita masukkan, apakah sejam terakhir (past hour), 4 jam terakhir (past 4 hours),sehari terakhir (past day), 7 hari terakhir (past 7 days), 30 hari terkahir (past 30 days), 90 hari terakhir ( past 90 days), atau 12 bulan terakhir (past 12 months). pada contoh diatas saya memasukkan pilihan past day ( 1 hari terakhir).

4. Pilihan kategori pencarian, maksudnya disini kita disuruh  memilih kategori untuk kata kunci yang kita masukkan, pada contoh kali ini saya memasukkan kategori "All categories".

5. Pilihan Pencarian, artinya kita diminta untuk memilih media yang digunakan untuk pencarian berdasarkan keyword ( kata kunci) yang kita masukkan tadi.

ada tiga pilhan : web search, news search, google shopping. pada contoh di atas saya memilih kategori web search.

Berikut ini adalah hasil pencarian untuk kata kunci "tutorial hijab":

A. Hasil Pencarian Berdasarkan Wilayah
Geser sedikit ke bawah maka anda akan melihat hasil tampilan wilayah yang memiliki tingkat pencarian terbanyak berdasarkan kata kunci "tutorial hijab" yang kita masukkan pada langkah 1 diatas.



B. Related Topics dan Related Queries

Geser lagi ke bawah maka anda akan melihat hasil related topics dan related queries berdasarkan pencarian kata kunci "tutorial hijab".




Releted Queries berguna untuk anda menentukan kata kunci turunan dari kata kunci tutorial hijab. Anda bisa mendapatkan ide judul lain berdasarkan related queries tersbut.

Langkah selanjutnya adalah membuat artikel berdasarkan kata kunci tersebut.


Yang menjadi kekurangan dari tools ini adalah kita tidak dapat melihat tingkat persaingan kata kunci tersebut pada hasil pencarian google. Anda bisa gunakan tool lain untuk menganalisa tingkat persaingan tersebut.

Demikian tutorial ini, semoga dapat bermanfaat.

No comments

Sopan-sopan aja